Foto Anggota DPRD dari PARTAI GOLKAR

Foto Pak SEKDA dan Staf DPRD KAB.BATUBARA

Nama Kabupaten: Batu Bara
Kode Wilayah: 12.19
Ibukota: Lima Puluh
Propinsi: Sumatera Utara

Kabupaten Batu Bara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. DPR menyetujui Rancangan Undang-Undang pembentukannya tanggal 8 Desember 2006. Kabupaten ini diresmikan pada tanggal 15 Juni 2007, bersamaan dengan dilantiknya Penjabat Bupati Batubara, Drs. H. Sofyan Nasution, S.H.

Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan dan beribukota di Kecamatan Limapuluh.

Kabupaten Batubara adalah salah satu dari 16 kabupaten dan kota baru yang dimekarkan pada dalam kurun tahun 2006.


Unpad dan Kab. Batubara Sumatera Utara Berharap Kerja Sama Dapat Terus Terjalin

Laporan oleh: Artanti Hendriyana

[Unpad.ac.id, 20/01/2010] Sebanyak 19 pejabat Kabupaten Batubara, Sumatera Utara  melakukan kunjungan kerja ke Unpad. Mereka adalah anggota DPRD sebanyak 15 orang, dan 4 orang dari Pemerintah Kabupaten Batubara. Rombongan ini diterima oleh Direktur Kejasama Unpad, Ramdan Panigoro, dr., PhD., di Ruang Serba Guna Gedung 2 Unpad, Jln Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (20/01).

Pertemuan anggota DPRD dan pemerintahan Kab. Batubara dengan Unpad di Kampus Unpad, Bandung (Foto: Tedi Yusup)*

Dalam kunjungan tersebut, dibahas mengenai kontrak kerjasama rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2010 antara pemerintah kabupaten Batubara dengan Unpad. Bertindak sebagai pihak pembicara dari pihak Unpad adalah Yan Yan Mochamad Yani, Ph.D dan Dr. H. Nandang Alamsah Delianoor SH., M. Hum.

“Tujuan kami datang kesini adalah untuk mengklarifikasi dan menghimpun data mengenai kontrak kerja sama yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Batubara dengan Unpad,” jelas Wakil Ketua Panitia Angket DPRD Batubara, Hamonangan Simatupang, saat ditemui seusai acara. Hamonangan menjelaskan bahwa panitia angket ini dibentuk untuk mengklarifikasi dan menghimpun data mengenai kerja sama tersebut.

Hamonangan pun memiliki penilaian tersendiri mengenai Unpad. “Unpad cukup luar biasa. Kami juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Unpad karena keseriusannya dalam mengadakan hubungan kerjasama dengan pemerintahan kabupaten Batubara,” ungkapnya.

Ia pun berharap di masa yang akan datang hubungan kerja sama antara Unpad dengan pemerintah kabupaten Batubara akan terlaksana lebih baik lagi. Hal ini dilakukan demi kebaikan antara kedua belah pihak, terutama masyarakat kabupaten Batubara.

“Pemaparan dari Unpad cukup memuaskan dan cukup transparan. Kami juga menganggap bahwa Unpad sampai detik ini masih memberikan pandangan-pandangan yang positif mengenai kabupaten Batubara, khususnya masyarakat Batubara,” ujar Hamonangan.

Senada dengan Hamonangan, Sekretaris Panitia Angket, Sarianto Damanik, pun berharap kerja sama antara kedua belah pihak ini akan terus terselenggara. Terlebih, selama ini Unpad telah menunjukkan keseriusannya dalam melakukan kerjasama. “Dengan adanya kunjungan ini, kami telah mendapatkan penjelasan dari Unpad bahwa ternyata dalam hal ini Unpad juga telah menjalankan prosedur dengan baik,” ungkap Sarianto.

Hal ini disambut baik oleh Ramdan Panigoro. Menurut Ramdan, kerjasama terkait rekrutmen CPNS ini merupakan sebagian kecil dari yang dapat dilakukan oleh kedua belah pihak. Selanjutnya, ia berharap Unpad dan kabupaten Batubara akan saling bekerjasama dalam bidang yang lain.

“Kami sangat bersyukur karena pertemuan tadi dapat mengklarifikasi hal-hal yang belum jelas untuk mereka. Yang paling penting, secara teknis  Pak Yan Yan dan Pak Nandang tadi telah menyampaikan bahwa kita telah menjalankan semuanya sesuai dengan prosedur. Artinya, tugas kita membantu kelancaran seleksi CPNS di setiap daerah itu sama,” jelas Ramdan. (eh)*

Pencarian yang diterima:

Daftar nama kecamatan di wilayah kabupaten Batu Bara:

Nomor Kecamatan Kabupaten Propinsi Keterangan
1. Air Putih Batu Bara Sumatera Utara
2. Lima Puluh Batu Bara Sumatera Utara
3. Medang Deras Batu Bara Sumatera Utara
4. Sei Balai Batu Bara Sumatera Utara
5. Sei Suka Batu Bara Sumatera Utara
6. Talawi Batu Bara Sumatera Utara
7. Tanjung Tiram Batu Bara Sumatera Utara